oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Sidang Pidana Diperiksa Secara Teleconferen

Semarang, Faster.id – Upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19), Mahkamah Agung mengeluarkan surat edaran sidang pemeriksaan terdakwa secara teleconference di seluruh Pengadilan Negeri.   Pemberlakuan sidang on line seperti di 19 wilayah Pengadilan Tinggi Semarang per 30 Maret 2020.

“Hasil rapat bersama penyelesaian kejaksaan antara rumah tahanan, penyidik dan pengadilan telah berkoodinasi bersama-sama dalam pemeriksaan terdakwa tidak perlu dihadirkan. Itu untuk mengantisipasi penyerbaran virus covid-19,” ujar Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Kelas IB, Sutaji, Senin (30/03/2020).

Ia mengatakan sidang secara on line diberlakukan agar efektif, lantaran sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Kondisi terdakwa yang bersama-sama napi lainnya di tahanan retan orang dalam pengawasan (ODP).

Sutaji menambahkan sidang on line cukup dihadiri Penasehat Hukum dan Penuntut Umum. Sedangkan, terdakwa di dalam Lapas tempat terdakwa ditahan. Hal itu dengan meniadakan interaksi secara langsung, tentunya diharapkan akan dapat memutus rantai atau setidaknya mengurangi penyebaran covid 19.

“Sidang seperti biasa para penasehat hukum dan penuntut umum di ruang sidang. Nanti kita sediakan khusus video teleconference,” ucap dia. (007)

Berita Terkini