oleh

Mahasiswa UNDIP Dorong Kota Lama diakui UNESCO

Faster.id-Bagi para wisata yang datang ke Semarang rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke kota lama. Sebab tempat yang satu ini merupakan magnet sebagai ciri khas kota ATLAS. Tempat peninggalan bersejarah di jaman Belanda itu  oleh pihak Pemerintah Kota terus berbenah. Sehingga kawasan peninggalan  Negeri kincir angin semakin mempesona.

Kawasan yang merupakan warisan kolonial Belanda itu  kini diajukan untuk menjadi world Living haritage UNESCO pada tahun 2020. Guna mendukung  upaya tersebut  mahasiswa D4 Informasi dan hubungan masyarakat Universitas Diponegoro mengadakan workshop sekaligus melangsungkan lomba fotografi yang dilaksanakan di Gedung Soesmans kantor kota lama Semarang baru-baru ini (23/11).

Menurut Khairuddin Afdali Lubis selaku  ketua Panitia  Workshop dan lomba fotografi bertema kota lama  world Living Heritage menyebutkan bahwa kota lama sebagai tempat terpilih menjadi warisan  pusaka dunia UNESCO seperti halnya candi Borobudur . Oleh karena itu kegiatan ini juga merupakan  konsep Pariwisata  dengan pendekatan storynomic yang dicetus oleh Presiden Joko widodo.

Dikatakannya, dalam ajang lomba fotografi tersebut peserta diikuti oleh Pelajar dan mahasiswa. Jumlah peserta lebih dari seratus . Sebelum mengikuti lomba, kegiatan workshop yang di prakasai oleh  Soetomo, S.Sos.,M.Ikom. Sementara untuk penilaian ada dewan Juri , Soetomo, Nugroho dwiadisheno serta Intan.

Dalam ajang penilaian lomba tersebut juara I diraih oleh M Ajib pradibta,  juara II oleh Daffa  Bagus serta juara juara III diraih Arga Prasetya,’’ tutur Khairuddin.

Sementara wakil walikota Semarang melalui  Kepala dinas Dishubkominfo dan informatika, Bambang Pramusinto mengatakan, setiap kegiatan diharapkan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi kota Semarang khususnya kawasan kota lama, perlu diapresiasi dan didukung. Apalagi berbagai upaya dilakukan Revitalisasi situs bersejarah ini diakui oleh UNESCO di tahun 2020. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kedepan kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro D4 informasi dan Humas terus dilaksanakan,” pungkasnya. (OAN/008)

Berita Terkini