oleh

Proyek RSUD Blora Belum Rampung, PPkom Terbitkan PHO

Faster. Id,  Blora – Proyek Rehabilitasi ruang rawat inap rumah sakit (VVIP, VIP, Kelas I,II, III) Rumah Sakit Umum Daerah DR Soetijono Blora sampai dengan akhir tahun 2019 belum terselesaikan pengerjaannya.
Dari informasi temuan di lapangan,  beberapa item pekerjaan seperti pemasangan pintu,  kusen jendela dan pekerjaan finishing pengecatan belum rampung. Beberapa item pekerjaan yang dikerjakan PT Sinarindo Karunia Sejahtera masih ditemui belum selesai 100 persen. Meski begitu,  Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom)  telah menerima berita acara serah terima pekerjaan pertama (PHO).
Terkait hal tersebut, Muh. Rifa’i dari Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Jawa Tengah meminta kepada Pengguna Anggaran maupun Pejabat Pembuat Komitmen untuk meninjau ulang tindakan atau kebijakannya. Sebab, dinilai telah melanggar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Peraturan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah).
“Sesuai aturan pekerjaan belum selesai tidak boleh dibuat berita acara serah terima pekerjaan untuk dibuatkan Surat Perintah Membayar (SPM).  bukan karena tahun tutup anggaran,  tapi kegiatan pengadaan barang jasa itu menyimpang,” ujar kepasa Faster.id, Selasa (31/12/2019).
Proyek yang dikerjakan PT sinarimdo Karunia Sejahtera telah melewati masa kontrak. Namun,  pengguna anggaran tidak melakukan sanksi administrasi pembacklitsan disertai denda.  Akan tetapi,  Pengguna Anggaran menandatangani pekerjaan yang belum selesai.
Ditempat terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen, drg. Wilys Yuniarti tidak menampiknya. Proyek yang dikerjakan PT. Sinarindo Karunia Sejahtera telah di PHO pada tanggal 28 Desember 2019.
“kami ngoyak SPM, karena tanggal 30 Desember harus sudah masuk semua, proyek telah di PHO tanggal 30,” beber dia.  (Arifin/ 007)

Berita Terkini