oleh

PT Asli Motor Klaten Pailit, Rapat Kreditur Alot

FASTER.ID, SEMARANG- Rapat kreditur pertama berlangsung secara alot, pasca perusahaan legendaris yang berdiri sejak 1979, bergerak di bidang dealer dan bengkel resmi, PT. Asli Motor Klaten (PT AMK) dan mantan Direktur Utama Purnomo Budi Santoso resmi dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga (PN) Semarang. Selain itu juga dinyatakan pailit.

Rapat beragendakan laporan kegiatan kurator dan pembacaan putusan oleh hakim pengawas, Muhamad Yusuf, dicatat panitera pengganti Afdlori, itu dihadiri kurator kuasa pemohon, kuasa termohon II, Purnomo Budi, dan dihadiri para kreditor preveren karyawan, kreditor separatis Bank BWS dan Bank BTPN, kreditor konkuren KSP Asli Klaten, KSU Asli Cilacap, Arisan Aisno, dan tim hukum Law Office Dirgantara Ina & Partners.

Jadi dalam agenda itu kurator telah mendatangi kedudukan debitor pailit di Klaten untuk memasang MMT dan pengamanan boedel pailit. Pihak direksi PT AMK juga meminta waktu untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban sebagai karyawan dan meminta THR tahun ini,“kata kuasa hukum PT AMK dan Purnomo Budi Santoso, Muhammad Dirgantara Indonesia, usai sidang, Selasa (27/4/2020).

Tim Kurator PT. AMK dan Purnomo Budi Santoso (dalam pailit), Marchelino Palit dan Bing Yusuf, dalam pengumumannya, meminta natas akhir pengajuan tagihan kreditor pada 11 Mei 2020 di kantor Tim Kurator, Kelurahan Pekunden, Kota Semarang. Sedangkan agenda rapat pencocokan piutang 19 Mei 2020 di PN Semarang. Untuk itu pihaknya memohon seluruh kreditor PT. AMK dan Purnomo Budi Santoso segera mengajukan tagihan dengan membawa bukti tagihan asli serta menyerahkan fotocopynya sampai dengan tanggal batas akhir pengajuan tagihan.

Pailitnya perusahaan legendaris itu akibat digugat oleh dua pemohon dalam berkas terpisah. Masing-masing A. Willy Sudjono dan PT. Bank Woori Saudara Indonesia. Putusan itu ditetapkan majelis hakim yang dipimpin Aloysius Bayu Aji. Adapun tim kurator dalam kasus itu, Marchelino Palit dan Bing Yusuf.

Humas PN Semarang Eko Budi Supriyanto, mengatakan dalam rapat tersebut pertama perkenalan kurator dengan para kreditor dan hakim pengawas. Kemudian mendengar laporan kurator. Dijelaskannya, saat ini kurator telah mendatangi kedudukan debitor pailit di Klaten untuk memasang MMT dan pengamanan boedel pailit.

Selanjutnya membahas rapat kreditror berikutnya tentang batas akhir penagihan, kemudian rapat verifikasi,” jelasnya.(DWM/008).

Berita Terkini