oleh

Ratusan Massa Geruduk Kantor PT Sago Nauli

MANDAILINGNATAL, FASTER.ID-Ratusan masa dari berbagai elemen. Mulai Pemuda Pancasila (PP) Sininukan, Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (SPTSI) Mandailing Natal, Tim Advokasi Rumah Pencari Keadilan, sejumlah awak media, masyarakat sekitar Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal, geruduk kantor PT Sago Nauli, yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit di Sinunukan, Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, pada Selasa (10/12/2019) kemarin.

Koordinator Aksi Idris Siregar menyampaikan bahwa aksi demo yang dilakukan adalah bentuk solidaritas elemen masyarakat tentang tindakan pemecatan sepihak dari manejemen PT Sago Nauli kepada Syukur Gunawan, Wardin Bate’e, Budiman Syaputra, Horas Sugiarto, Eko Punawan, Khoirul Annas, yang bekerja di perkebunan inti PT. Sago Nauli Sinunukan.

Sehingga mereka kompak mendukung atas tindakan sewenang-wenang perusahaan tersebut. Adapun tuntutan para pendemo didalam orasinya menyampaikan agar pihak menejemen PT. Sago Nauli segera merealisasikan hak-hak karyawan sesuai dengan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 serta pihak perusahaan merehabilitasi nama baik ke 6 korban pemecatan tersebut atas tudingan dugaan positif narkoba yang tidak sesuai dengan prosedur.

Ini bentuk solidaritas kami kepada kawan-kawan pekerja yang dipecat oleh perusahaan PT. Sago Nauli, kita berharap terbuka ruang dialog agar mereka dapat dipekerjakan kembali atau seluruh haknya sebagai pekerja seperti pesangon dapat diberikan,“kata Idris Siregar, dalam orasinya.

Tidak berselang waktu yang lama pihak menejemen perusahaan mempersilahkan 15 orang perwakilan dari pendemo untuk melakukan dialog dengan Ir. Johannes, MM selaku General Manager PT. Sago Nauli diruangan perkantoran perusahaan. Didalam dialog antara Johanes dengan perwakilan aksi menyepakati agar permasalahan ini diselesaikan Senin (16/12/2019) di kantor Disnaker Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Dalam aksi itu juga terlihat rombongan tim Polsek Sinunukan memberikan pengamanan yang ketat terhadap seluruh pendemo. Bahkan Kapolsek menyatakan sangat menghargai upaya penyampaian aspirasi yang dilakukan akan tetapi tetap berpesan untuk berjalan dengan damai dan tidak anarkis. (DWM/008)

Berita Terkini