oleh

Santri Kenalkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini

Faster.id – Sebanyak 2650 kontingen dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke VII tingkat Jateng di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat-Sabtu (22-23/11). Pada penyelenggaraan tahun ini dikemas FASi Berwawasan Kebangsaan, sehingga perlombaan yang digelar tidak hanya tentang keagamaan tapi juga lomba tentang wawasan kebangsaan.

Itu seperti lomba pengucapan Pancasila, Pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya beregu.

“Tahun ini memang pelaksanaannya berbeda dengan sebelumnya. Sekarang dikemas dalam FASI Berwawasan Kebangsaan, jadi bernuansa Islami dan Nasionalisme,” terang Ketua Umum Badko TPQ Jateng, Ateng Chozany Miftah, saat jumpa pers, Jumat (22/11).

FASI Berwawasan Kebangsaan ini digelar sejalan dengan telah dicanangkan program penanaman nilai-nilai kebangsaan dalam pendidikan TPQ oleh Badko TPQ Jateng. Sehingga ini sebagai upaya mendukung tercapainya tujuan tersebut yang menyiapkan generasi anak bangsa yang Qurani dan Nasionalisme. Dimana generasi yang kokoh, beraqidah, rajin beribadah, berbudo pekerti luhur, cinta tanah air dan NKRI.

“Jadi ini memasukan butir cinta tanah air dan NKRI ke dalam ikrar santri. FASI ini merupakan agenda rutin tiga tahunan, ini juga untuk mendorong tumbuh kembangnya TPQ di Jateng dan ajang silaturrahmi keluarga besar TPQ dari daerah di Jateng,” paparnya.

Dalam FASI kali ini 45 cabang lomba yang akan diperlombakan untuk tiga katagori, yakni TKQ, TPQ dan TQA.  Itu meliputi pelajaran al quran (tartil, tilawah, tahfidh, CCQ), pelajaran agama Islam, Senin Budaya Islam dan wawasan kebangsaan.

Nantinya juara 1 FASI VII ini akan dikirim mengikuti FASI Nasional XI di Palangkaraya Kalimantan Tengah tahun 2020 nanti.

“Ini diikuti oleh 2650 kontingen dari 35 kabupaten/kota se Jateng. Ini juga sebagai ajang seleksi untuk menyiapkan peserta yang akan dikirim ke FASI nasional,” ungkap Ketua Pelaksana Mustofa AY.(uky/bj)

Berita Terkini