oleh

Warga Kertijayan Digegerkan Dugaan Bom Rakitan di Pom Bensin

Faster.id, Pekalongan – Pipa besi berisi lilitan kabel sepanjang 40 cm dan  jam analog yang diduga bom rakitan menggegerkan warga Kertijayan Pekalongan, Rabu (22/01/2020) siang. Benda mencurigakan diduga bom pertama ditemukan petugas kebersihan di ATM komplek SPBU Kertijayan.

Tim penjinak Detasmen Gegana Sat Brimob Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jateng yang mendapatkan informasi tersebut, langsung mendisposal dan menetralisirkan lokasi kerumun warga yang berhenti di komplek SBPU.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez mengatakan benda mencurigakan yang diduga mirip bom rakitan mengandung bahan peledak maupun paku. Dari fisiknya menyeruai bom yang isinya pipa besi berdiameter 5 cm terdapat lilitan kabel. “Ada bunyi detak jamnya. Ada rangkaian kabel, tapi ternyata pipa besi yang dicor,” ujar Egi, saat ditemui di lokasi setempat.

Pihaknya pun masih memburu siapa pelaku yang sengaja membuat teror menaruh benda tersebut dan mengungkap motif balik menaruh di ATM komplek SPBU.

“Ini merukan teror, walaupun bukan bom beneran, tapi haru dicari tahu apa maksud dan motif pelaku ini. Kita akan dalami dan mengungkap siapa pelakunya,” beber dia.

Dari hasil evakuasi benda yang diduga tiga bom tersebut, Tim Gegana melanjutkan peledakan sebanyak tiga benda di tempat aman dari warga. Pertama, benda diledakkan pada pukul 12.15 WIB  agar tercerai berai.  Ledakan pertama terdengar dentuman suara tidak sedasyar ledakan kedua yang suaranya lebih kencang. (007)

Berita Terkini